Sunday, September 2, 2012

Tips Cara Meningkatkan Penjualan


TIPS CARA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN
versi adios


    Setiap Perusahaan pasti ingin meningkatkan penjualan secara pesat. Nah di sini pertanyaanya adalah bagaimana perusahaan harus bertindak agar dapat meningkatkan penjualan tanpa harus keluar dari jalur atau malah tidak memperhatikan pasar.

         Banyak Pengusaha yang tidak memperhatikan lingkungan atau kompetitor lain karena terlalu berpaku kepada kesuksesan penjualan yang telah lalu. Padahal faktanya setiap persaingan pasti selalu ada yang menjadi semakin kuat setiap waktunya


Nah Berikut sedikit Tips untuk meningkatkan penjualan

      Memberikan penghargaan kepada konsumen
 setiap orang pasti sangat senang bila diperhatikan, dan dinomor satukan, nah untuk meningkatkan penjualan pastinya sebuah perusahaan tidak hanya membutuhkan pembeli, tapi juga membutuhkan langganan. Perusahaan yang respect kepada konsumenya akan selalu menjadi nomor satu di hati konsumen. Sama seperti perusahaan yang selalu menomor satukan konsumenya

Contoh Penghargaan untuk konsumen:
-          Perusahaan hendaknya mencatat tanggal lahir dari setiap konsumenya, dengan demikian akan lebih mudah untuk memberikan perhatian kepada konsumen, salah satu contoh kecil saat konsumen berulang tahun, sempatkanlah sekedar memberikan ucapan selamat dan alangkah bagusnya jika memberikan sebuah bingkisan kecil untuk konsumen, bingkisan bisa saja berupa hadiah-hadiah kecil seperti jam dinding yg dibrending oleh perusahaan. Dan hadiah-hadiah lain yang tentunya tidak terlalu mengocek kantong. Tapi tahukah anda bahwa hal sekecil ini akan memberikan dampak besar kepada konsumen anda. Seseorang yang diperhatikan akan memberikan timbal balik yang positif kepada perusahaan, secara tidak langsung pembeli tadi akan menjadi langganan dan kembali lagi ke tempat anda. Karena tidak semua tempat memperlakukan pembeli sebaik anda.

-          Memberikan bingkisan saat pembelian. Sebenarnya ini merupakan langkah awal untuk menarik konsumen dating dan dating lagi ke tempat ia membeli sebuah barang, selain memberikan discount harga, bingkisan kecil akan menambah kebahagiaan konsumen saat berbelanja, dengan demikian pembeli bias saja jatuh hati kepada tempat dimana ia membeli suatu produk/barang. Kebahagiaan konsumen akan lebih menarik jika bingkisan ini menjadi sebuah surprise yang tak ia sangka-sangka sebelumnya, hal itu bisa dilakukan dengan sedikit trik. Buatlah konsumen berfikir itu adalah program undian untuk 100 orang konsumen dan tidak semua orang bisa memenangkan hadiah tersebut. Dan magic… sebuah keajaiban terjadi ternyata ia adalah salah satu konsumen yang memiliki keberuntungan berbelanja di tempat anda. Cara ini bisa diterapkan dengan perbandingan bahwa seseorang akan lebih merasakan pemberian apabila pemberian itu berbentuk besar dan bermanfaat seperti kipas angin dibandingkan dengan uang rupiah yang tidak akan bertahan lama di ingatan para konsumen. Walaupun sebenarnya barang-barang tersebut sangat mudah diperoleh di tempat lain.

2.       Meningkatkan pelayanan.
Cara ini bisa membantu menambah citra baik perusahaan, konsumen akan sangat senang jika dilayani dengan baik oleh staff perusahaan. Dan tidak kalah pentingnya tips-tips dibawah ini
-          Mengusahakan peroses surat-surat baik BPKB atau STNK secepat mungkin.
-          Berusaha menyelesaikan proses kredit semudah mungkin.
-          Untuk Service, hendaknya selalu menanyakan apa keluhan pada produk yang telah dibeli, meskipun konsumen tidak menyatakan keluhan tersebut karena tidak semua konsumen mempunyai kemauan untuk menyatakan sebuah keluhan, sehingga saat perusahaan bisa mengatasi keluhan tersebut maka itu adalah sebuah nilai plus bagi perusahaan dimata konsumen.

3.       Promosi
Kegiatan promosi umumnya dilakukan oleh banyak perusahaan secara berlomba-lomba, dengan demikian sebuah kegiatan promosi yang sama tidak akan efektif lagi dilakukan jika tidak dilengkapi oleh point-point tambahan yang hanya dimiliki oleh perusahaan anda. Dengan demikian kegiatan promosi sangatlah penting. Dengan melakukan promosi sekalipun belum tentu sebuah perusahaan akan mampu meningkatkan penjualan, apalagi jika perusahaan tidak melakukan promosi dengan baik. Dalam memburu sebuah kesuksesan dalam promosi, kegiatan promosi harus berani bersaing dengan perusahaan lain (Jika memang perlu)

Promosi Efisien
a.       Pameran
Sebuah pameran hanya untuk menarik perhatian khalayak umum agar mengenal perusahaan yang mengadakan pameran tersebut, namun bukan tidak mungkin sebuah kesepakatan jual beli akan terjadi pada kegiatan ini.

b.      Kegiatan social
Sebuah kegiatan social bisa dilakukan dimana saja, semakin sering melakukan kegiatan social maka nama perusahaan akan semakin dikenal oleh khalayak umum. Namun hal yang perlu diperhatikan kegiatan social ini haruslah bermanfaat untuk orang banyak, dan mengeluarkan biaya seminim mungkin, karena kegiatan ini merupakan promosi atas nama perusahaan dan bukan merupakan ajang untuk langsung menjual produk.

c.       Canvassing
Kegiatan canvassing adalah sebuah kegiatan yang paling hemat dan berpeluang.  Canvassing umumnya dilakukan oleh tim marketing dengan menyebarkan brosur-brosur dan nomor telepon. Jika perlu hendaknya kegiatan tersebut dimanfaatkan dengan baik. Salah satu cara untuk memanfaatkan kegiatan ini adalah memberikan sekedar souvenir-souvenir kecil seperti gantungan kunci yang dibranding oleh perusahaan, atau bisa juga dilakukan dengan memberikan sticker-sticker kecil dari perusahaan. Hal sekecil ini bisa bermaanfaat sebagai media promosi yang lebih tahan lama dibandingkan dengan brosur. Dan tidak kalah pentingnya dalam kegiatan seperti ini perusahaan bisa sebanyak-banyaknya menyebarkan informasi-informasi tentang promo yang sedang berlangsung. Sehingga akan menarik konsumen datang ke tempat anda.

d.       Team Work
Sebuah pemasaran yang baik tentunya harus diimbangi dengan team marketing yang baik. Sering kali sebuah perusahaan kurang memperhatikan apa yang sedang terjadi di lapangan. Sebuah team seharusnya akan saling membantu dan memberikan masukan satu dengan yang lain, demikian juga sebuah perusahaan harus memperhatikan apa yang sedang terjadi dilapangan. Saat competitor lain telah menggunakan cara pemasaran yang baru maka perusahaan harus berusaha mengimbangi lawan (jika memang diperlukan) atau bisa bertahan pada posisi semula namun tetap harus menetapkan batas maksimal resiko. Hal tersebut diatas adalah cara menjaga agar pemasaran tetap setabil apabila ternyata cara pemasaran lawan tidak bertahan lama (Tidak efektif), tapi sebaliknya jika ternyata tekhnik pemasaran lawan sangat berkembang pesat, maka perusahaan harus melakukan perubahan setelah batas maksimal resiko terpenuhi. “Batas Maksimal resiko” adalah batas dimana sebuah perusahaan harus melihat garis yang membedakan seberapa jauh jarak lawan telah meninggalkan perusahaan tersebut. Jika memang dirasa perusahaan telah disaingi (batas maksimal resiko telah terpenuhi) hendaknya perusahaan mampu untuk mengikuti bagaimana cara pemasaran lawan. Jika perlu adakan inovasi baru agar lebih mampu menarik konsumen.

Team marketing akan lebih baik jika terdiri dari lebih banyak orang. Ketika sebuah team telah  terbentuk maka harus dijaga dengan sangat baik. Karena semakin baik sebuah team marketing, maka akan semakin tajam ujung tombak untuk berperang.

Team bukan hanya berlaku untuk marketing, team juga berlaku untuk bagian-bagian lain dari sebuah perusahaan. 

Demikian dulu. terimakasih telah membaca postingan tentang Tips Cara Meningkatkan Penjualan

2 comments

blog yang sangat membantu, terima kasih.salam kenal ya.

KAMI AGEN RESMI NANO SPRAY MCI INDONESIA
DATANG MENAWARKAN PRODUCK NANO SPRAY DAN BERGARANSI
HUB/SMS : 0812 4143 9373
PIN BB : 2B37C8E6
ALAMAT KANTOR MCI SURABAYA : JL.NGAGEL JAYA INDAH BLOK C 65-67 ( LANTAI 2 )

HARGA NANO SPRAY 2 RP 1.700.000
HARGA BEUTY MAGIC STICK RP 1.400.000
KALAU BELI 1 SET, NANO
* Membuat wajah lebih awet muda
* Mengencangkan kulit wajah
* Menghaluskan kulit wajah
* Mengurangi SPRAY 2 + MAGIC STICK HANYA RP 2.400.000

MANFAAT MENGUNAKAN NANO SPRAY:

* Mencegah penuaan dini
* Menghilangkan jerawat
* Melembabkan kulit
* Membersihkan komedo
* Mencerahkan wajah
* Menyamarkan bekas luka
* Menghilangkan flek flek hitam di wajah
* Mengecilkan pori pori wajah

MANFAAT MENGUNAKAN BEUTY MAGIC STICK

*ksidasi dalam darah
* Mengurangi kerutan di wajah
* Mengurangi lemak dalam kulit

CARA TRANKSAKSI:
* Pembayaran melalui BANK/ATM,transfer ke rekening MANDIRI,BRI,BNI KE BENDAHARA MCI
*BARANG LANSUNG DIKIRIM SETELAH BENDAHARA MCI KAMI SUDAH MENERIMA PEMBAYARAN DARI SIPEMESAN
*BARANG YANG ANDA PESAN SEMUA PERANTARANYA BELUM TERMASUK ONGKIR KE ALAMAT ANDA MASING-MASING

KETENTUAN:
1. Harga yg tercantum sudah NET/PAS/MENTOK/FIX. (Yg nego sorry no respon)
2. Bagi anda yang berada diluar Daerah Wilayah,Kota,Kab,Dan sekitarnya.
3. Kami telah menyediakan Jasa pengantar barang melalaui via paket TIKI/JNE

TUNGGU APALAGI YUKK BRUAANNN ORDER NANOSPRAY...


==========TRANSAKSI AMAN DAN TERPERCAYA=========