Hati-hati penipuan masal

PENTING
Hi. Kawan semua pada kesempatan kali ini Adios Blog mau berbagi sedikit info yang menurut beberapa orang sangat penting. Awalnya ini tidak terlalu penting untuk saya. tapi setelah mengalami sendiri baru saya merasa bahwa ini penting.

Pada tahun 2009 lalu saya menemukan sebuah kupon yang terbungkus rapi dengan plastik. Seolah-olah kupon itu dicetak oleh pabrik yg ditunjuk oleh pihak penyelenggara promo. Benar-benar terlihat rapi dan asli. Ternyata adalah Kupon Penipuan.


Isi kupon itu adalah. Selamat anda mendapatkan hadiah sebuah Mobil bla bla bla... yang harga pasaranya ratusan juta rupiah. Kupon penipuan tersebut sangat meyakinkan saya. sempat saya tanya-tanya ke tetangga yang memang orang-orang yang mengerti tentang hal-hal demikian. hampir semua memberikan pendapat bawha setiap tulisan yang terdapat pada kupon penipuan itu sangat meyakinkan. Lengkap dengan nama dan alamat Perusahaan terkait. Disertakan juga keterangan dan kesaksian dari Polda Metro Jaya.


Dari harga ratusan juta terebut saya hanya diminta membayar biaya balik nama sebesar 25% dari harga Unit yang tertera. Kupon penipuan tersebut juga dilengkapi dengan nomor  Call Center yang bisa dihubungi serta PIN untuk hadiah yang di peroleh... Benar-benar meyakinkan. Dilengkapi pula dengan stempel-stembel penting dari pihak-pihak Pejabat Negara.


Saat itu saya hubungi Call Center yang tertera. Benar-benar Wowww... si petugas telepon benar-benar ramah tamah... Tambah meyakinkan bahwa itu memang benar-benar asli. Saya di tanya dapat kuponya dari mana. dan masih banyak pertanyaan lain termasuk verifikasi PIN atau KODE hadiah yang dimenangkan. Setelah beberapa lama akhirnya verivikasi berhasil dan memang benar saya berhak mendapatkan hadia Mobil tersebut (kata si operator)

Saat itu saya siapkan uang 3 Juta rupiah saja. sedangkan yang diminta lebih dari itu, Saya ditunutut untuk segera Transfer saat itu juga. berlaku 12 jam setelah kupon di verivikasi. jika tidak makatapi untungnya saya verivikasi kupon sudah aggak sore. jadi bank- bank di sekitar rumah sudah tutup.

Nah disitulah kebesaran Tuhan yang tidak membiarkan saya kena Tipu seperti itu. Sayakemudian mencari keterangan tentang promo ini pada pihak-pihak yang terkait dalam kupon tersebut. Yang pertamah saya hubungi adalah Polda Metro Jaya yang dikatakan memberikan ijin terselenggaranya kegiatan promo tersebut. Dan hasilnya sangat mengejutkan. Info dari Polda Metro Jaya saat itu adalah sudah banyak yang terkena tipu seperti itu dan Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa
Polda Metro Jaya tidak melakukan kerja sama apapun dengan pihak manapun untuk penyelenggaraan promo-promo demikian. Sehingga saya mengambil keputusan bahwa Kupon tersebut adalah Penipuan.

Agar teman-teman tidak menghayal bagai mana contoh kupon'nya ini saya kasih salah satu contohnya




inilah salah satu contoh kupon penipuan tersebut.. Gambar disamping saya dapatkan pada tanggal 14-09-2012 dari teman saya yang hapir terkena penipuan juga. Saya langsung menghubungi Polda Metro Jaya dan mengkonfirmasi tentang gambar di siamping. Alhasil kupon ini memang kupon penipuan

Dan nama-nama yang tertera pada kupon di atas juga tidak dapat dipertanggung jawabkan termasuk nama dari pihak kepolisianya. Pihak Polda Metro Jaya menerangkan bahwa nama yang tertera diatas adalah nama oknum yang bertugas dua periode yang lalu. jadi dengan kata lain sudah tidak berlaku lagi saat kupon ini di jalankan.

Pengalaman lain tentang kupon demikian. Biasanya nomor Telepon yang tertera pada kupon adalah nomor yang telah direkayasa oleh pihak yang memang sengaja menyebar luaskan kupon ini untuk keperluan penipuan. Dan nomor-nomor Telepon Call Center / Customer Care dari produk yang dipromosikan juga berbeda dengan nomor Customer Care yang tertera pada kemasan asli Produk terkait.

Berikut contoh bagian belakang kupon penipuan tersebut


Pada kupon tertera stempel-stempel yang sangat meyakinkan. Namun semua palsu. Nama dan alamat perusahaan juga terkadang diplesetkan satu atau dua hurup yang membedakan kupon dengan alamat asli perusahaan yang dipromosikan. Tentu tidak akan ketahuan jika anda tidak jeli dalam membaca atau mencari tahu tentang perusahaan tersebut.



Tahun 2009 lalu saya hampir terkena penipuan ini, dan saya abaikan begitu saja. ternyata sampai saat ini penipuan seperti ini masih banyak terjadi bahkan semakin canggih modus-modus yang digunakan. jadi siapapun anda yang membaca tulisan ini tolong disebarluaskan agar tidak bertambah korban-korban berjatuhan karena modus semacam ini. agar kita semua dapat lebih berhati-hati. Karena bukan tidak mungkin saat ini anda abaikan maka dimasa yang akan datang salah satu kerabat atau keluarga anda yang menjadi calon korban. sama seperti yang saya alami 2009 lalu dan saya mengabaikanya setelah tahu hal tersebut adalah penipuan. dan akhirnya saat ini saya berminat untuk menulis artikel ini karena kerabat dekat saya sendiri hampir menjadi korban.


Terimakasih telah membaca artikel saya. yang berjudul Hati-hati penipuan masal. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 14-09-2012 - Denpasar - Bali


Teman-teman silahkan share melalui media sosial yang tertera di bawah ini. dan like Faceebook Adios Blog di jendela sebelah kanan blog ini. 




2 komentar:

Abdul Razzak said... October 17, 2014 at 5:07 PM

thanks bro infonya.. aq juga baru dapet undian yg kayak gtu,
untung ada tulisan ini, jadinya tau dah kalok ini penipuan :)

Adios Blog said... April 12, 2016 at 8:52 PM

Sama2 Gan... semoga bermanfaat

 
CiiBee.com © 2015. All Rights Reserved.
Top